FAQ Bandung Datathon 2018

April 9, 2018

Apa itu Bandung Datathon 2018?

Bandung Datathon 2018 merupakan ruang kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung dengan konsep kompetisi analisa dan visualisasi data.

 

Isu apa yang akan diangkat pada kegiatan Bandung Datathon 2018?

Pada Bandung Datathon 2018 kali ini, isu yang akan diangkat adalah Participatory Planning (Perencanaan Partisipatif).

 

Apa itu Perencanaan Paritisipatif?

Perencanaan paritisipatif adalah sebuah model perencanaan sebuah wilayah (Kota/Kabupaten) yang melibatkan masyarakat secara langsung mulai dari tingkat RW (Rukun Warga) sampai dengan Kota/Kabupaten. Sejak tahun 2014, Pemerintah Kota Bandung menggunakan 2 pendekatan dalam melakukan perencanaan paritsipatif yaitu Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) dan PIPPK (Program Inovasi Pembangunan Kewilayahan).

 

Apa itu Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan)?

Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Musrenbang diatur dalam Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

 

Apa itu PIPPK (Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan)?

Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan selanjutnya disingkat PIPPK merupakan program yang dilimpahkan kepada satuan kerja perangkat daerah kewilayahan, yang didasari oleh konsep pemberdayaan masyarakat.

 

Apa itu E-Musrenbang?

E-Musrenbang merupakan sebuah alat bantu yang digunakan Pemerintah Kota Bandung dalam mengelola usulan pembangunan. Aplikasi E-Musrenbang ini sudah digunakan mulai tahun 2017 dan mampu mengelola lebih dari 30.000 (tiga puluh ribu) usulan dan aspirasi masyarakat.

 

Kapan kegiatan ini akan berlangsung?

Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 25 dan 26 April 2018.

 

Dimana kegiatan ini akan berlangsung?

Grand Tjokro Hotel

Jl. Cihampelas No.211-217, Kota Bandung, Jawa Barat 40131

 

Seperti apa bentuk kegiatan Bandung Datathon 2018 ini?

Rangkaian kegiatan datathon akan berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama akan berlangsung kegiatan seminar dimana terdapat 4 materi dan 4 pembicara. Dimulai dengan perkenalan insiatif Open Data Kota Bandung hingga paparan tentang kompetisi Datathon itu sendiri. Pada sesi seminar, peserta akan mendapat wawasan terkait dengan tema Datathon, inisiatif Open Data Kota Bandung sampai dengan data E-Musrenbang.

 

Pada hari kedua, kompetisi Datathon akan diselenggarakan. Peserta akan dibagi kedalam kelompok masing-masing yang sudah ditentukan dan diumumkan pada hari sebelumnya (sesi seminar). Peserta akan melakukan analisa data dalam waktu lebih kurang 2 jam 30 menit. Kemudian setelah itu, masing-masing tim akan mempresentasikan hasil analisa datanya.

 

Berapa jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan ini?

Jumlah peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari 30 orang dari domain data (memiliki keahlian dan wawasan dalam pengolahan dan analisa data) dan 30 orang dari domain masalah (memiliki keahlian dan wawasan dalam perencanaan pembangunan). Peserta akan digabungkan dalam sebuah tim yang tediri dari 4 orang. Pengumuman tim tersebut akan berlangsung pada hari pertama Bandung Datathon 2018.

 

Jika pendaftar melebihi kuota, apakah akan dilakukan kurasi?

Ya. Peserta hanya akan mengolah data selama lebih kurang 150 menit, oleh karena itu kami membutuhkan peserta-peserta yang dapat tune-in dengan masalah tanpa ada proses pemahaman masalah yang terlalu lama. Peserta yang diterima akan dihubungi lewat e-mail yang disampaikan ketika pendaftaran.

 

Apakah ada tanggal-tanggal yang perlu diperhatikan?

Pendaftaran: 9 s/d 20 April 2018

Kurasi: 21 dan 22 April 2018

Pengumuman: 23 April 2018

 

Apakah ada penghargaan berupa uang dalam Bandung Datathon 2018?

Ya.

Juara 1: Rp. 2.500.000, -

Juara 2: Rp. 2.250.000, -

Juara 3: Rp. 2.000.000, -

Juara Harapan 1: Rp. 1.500.000, -

 

Siapa yang akan menjadi juri dalam Bandung Datathon 2018?

Perwakilan Pemerintah Kota Bandung dan ahli dalam pengolahan dan analisa data.

 

Kontak

Untuk memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Try Fathur Rachman dengan nomor kontak +62 857 202 854 89 atau surat elektronik ke opendatabdg@gmail.com (cc: tryfatur@gmail.com)